Perpustakaan Sekolah


Perpustakaan Sekolah

Selayang Pandang
Sebagai salah satu unit terpenting dari pendidikan tingkat sekolah, perpustakaan SMKN 10 Surabaya memiliki tanggung jawab untuk turut serta meningkatkan kualitas pendidikan.
Perpustakaan merupakan sumber belajar yang amat penting sekalipun bukan satu-satunya. Sebagai sumber belajar, perpustakaan SMKN 10 Surabaya betugas sebagai sumber belajar, mengolah, mengorganisasi, menyimpan dan membuka akses bagi manfaat sumber-sumber informasi yang tersedia.
Sesuai dengan misi perpustakaan SMKN 10 Surabaya memiliki fungsi antara lain :
1. Sebagai pusat penyedia informasi sesuai dengan ruang lingkup pendidikan.
2. Sebagai pusat rujukan sivitas SMKN 10 Surabaya.
3. Pusat ilmu pengetahuan dan pedidikan.
4. Sebagai tempat rekreasi, dengan menyediakan bahan bacaan buku pelajaran sesuai dengan bidang masing-masing, Novel, koran, majalah, karya fiksi maupun non fiksi.
5. Sebagai sumber inspirasi.
6. Sebagai pelestarian berbagai karya ilmiah.

Dalam pencapaian peran dan fungsi tersebut, perpustakaan di tuntut untuk selalu menyesuaikan perkembangan teknologi informasi. Dengan adanya kemajuan teknologi informasi dewasa ini, menuntut perpustakaan SMKN 10 Surabaya selalu mengikuti perkembangan dengan menerapkan perkembangan manajemen dan sistem layanan berbasis komputer. Karna itulah SMKN 10 Surabaya terus berusaha untuk meningkatkan kualitasnya, baik secara fisik maupun Sumber Daya Manusianya.
Berdasarkan buku induk perpustakaan awalnya adalah perpustakaan SMEA Negeri 3 Surabaya yang sekarang menjadi Perpustakaan SMKN 10 Surabaya perpustakaan ini masih menggunakan sistem katalogisasi manual dan sangat minin dalam fasilitas dan tenaga pengelolanya, Perpustakaan SMKN 10 Surabaya sadar betul akan perannya yang penting sebagai sumber informasi dan sumber inspirasi dalam menunjang keberhailan pendidikan di SMKN 10 Surabaya ini, untuk itu perpustakaan terus berusaha berbenah diri dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi.
Kemudian pada tahun 2011 perpustakaan SMKN 10 Surabaya memulai otomasi dalam pengolahan data dan manajemen perpustakaan. Pada saat ini perpustakaan sudah memiliki lima belas PC komputer. Satu PC Komputer untuk kepentingan administrasi, dua PC komputer untuk kegiatan sirkulasi peminjaman dan pengembanlian bahan pustaka. Dua PC untuk OPAC (Online Pulic Acces Catalog) dan sepuluh komputer untuk layanan internet, Juga ada layanan free wifi,
Perkembangan yang di alami perpustakaan SMKN 10 Surabaya menambah keinginan untuk menjadi perpustakaan percontohan tingkat SMKN sesurabaya, memberi layanan terbaik dan total bagi pengguna. Oleh karna itu staff perpustakaan selalu berupaya melakukan pembenahan-pembenahan dalam manajemen dan sumberdaya perpustakaan, diantaranya bekerjasama dengan perpustakaan pusat Universitas Airlangga (integrasi Sistem) di bagian Otomasi berbasis web dengan menggunakan sofwere LARIS. Dengan adanya sistem ini bisa mempermudah proses temu kembali bahan pustaka yang ada di SMKN 10 Surabaya yang jumlah koleksinya kurang lebih 7000 buku (Bahan Pustaka) mulai tahun 2011 perpustakaan SMKN 10 surabaya sudah mulai mengoprasikan otomasi dengan menggunakan softwere LARIS, dan program ini selalu disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan manajemen perpustakaan. Dengan adanya program tersebut, manajemen sistem informasi dapat di jalankan dengan dengan baik dan jasa layanan pengguna dapat di berikan secara efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: