La Matta Gadis Dompu


Dua sahabat Gozali Fauzi biasa dipanggil Jali, asal Martapura, Kalimantan Selatan dan Ilyas Salman, asal Dompu, Sumbawa, mereka sudah membina persahabatan sejak sama-sama sebagai Pembina tenaga lapangan di daerah daerah Jepara-Kudus. Mereka hanya bersama selama dua tahun saja. Ilyas keluar dari LSM tempatnya bekerja lalu punlang kedaerah asalnya, tidak langsung ke Dompu, Ilyas menjadi dosen di Universitas Mataram. Sedangkan Jali pergi kejakarta dan memilih bekerja di suatu perusahaan yang mempunyai proyek pembibitan ikan kerapu di daerah Singaraja, Bali. Jali bekerja pada Ir. Nasuha mantan dosenya di Fakultas Perikanan, Universitas Diponegoro.

Ilyas juga sama-sama lulusan Universitas Diponegoro, hanya saja Ilyas di Fakultas Kebudayaan, jurusan Antropologi. Ketika Ilyas mejadi Dosen di Universitas Mataram ia punya pekerjaan sampingan yaitu mendirikan LSM program utamanya adalah memberdayakan Masyarakat Dompu. Mengetahui Jali bekerja di proyek perikanan, ia megusulkan megembangkan budidaya kerapu dengan system keramba. Ilyas mengusulkan pada Ir, Nasuha sebagai atasanya dan membuat studi kelayakan hasilnya positif, akhinya jadilah proyek tersebut dan jali menjadi kepala proyek. Ilyas menitipkan adiknya yang bernama La Matta, untuk bekerja di proyek yang di pimpin Jali, di bagian keuangan karena La Matta lulusan akutansi. La Matta menguasai bahasa inggris, akuntansi computer dan proyek yang di pimpin Jali membutuhkan staff keuangan seperti La Matta.

Jali merasa senang bisa bekerja di daerah pantai, di suatu dusun bernama nCumi, Jali membangun base-camp, lengkap dengan asrama karyawan, Jali juga mengajar kempo dan juga meminta seorang ustaz untuk memberikan bimbingan rohani disuarau. La Matta sendiri juga dapat bimbingan langsung dari Jali, La Mata untuk sementara ini di tempatkan di bagian keuangan tapi Jali berharap suatu ketika LA Matta bisa menjadi manager keuangan, La Matta gadis yang cerdas, cantik dan matanya yang indah membuat Jali salah tingkah, tapi Jali mehan perasaanya karena Jali sudah beristri, yang namanya Suci Hartati bekerja di BRI di Jakarta.

Kepada La Matta, Jali meminta agar menjadi ketua koprasi di komunitas perusahaan, Jali dan La Mata tampak erat berkomunikasi, La Matta mejadi kepercayaan Jali dalam manajemen keuangan, mereka juga sering makan bersama dikatin, tapi Jali selalu menjaga diri agar tidak dikesankan punya hubungan istimewa dengan La Matta. Cuma La Matta sendirilah yang justru tertarik pada Jali yang memang berkulit putih dan tampan. Jali sendiri sebenarnya juga suka pada La Matta yang cantik dan cerdas yang selalu memakai jilbab. Berkembanglah desas-desus tentang hubungan Jali dan La Matta di kalangan karyawan, tapi karyawan malah mendukung karena menganggap Jali dan La Matta adalah pasangan yang ideal. Apalagi orang Sumbawa memandang poligami adalah hal biasa, ayah La Matta mempunyai istri tiga dan Ilyas adalah saudara tirinya keluarga mereaka rukun-rukun saja, poligami sudah menjadi budaya di kalangan masyarakat Sumbawa.

La Matta menharap Jali suatu hari nanti menyatakan cinta bahkan melamarnya, walaupun menjadi istri keduanya. Tapi yang diharapku itu tak kunjung tiba, Jali menunjukan sikap biasa sebagai rekan kerja. Ini justru menabah cinta La Matta menjdi tambah menggebu-gebu. Akhirnya kesabaran La Matta menemui batasnya. La Matta putus asa terhadap cinta Jali, ketika itulah La Matta memutuskan keluar dari perusahaan dan kembali pada orang tuanya.

Keluanya La Matta membuat gempar perusahaan, hingga berkembang isu bawa La Matta hamil dan Jali yang melalkukan, tapi mereka tidak marah malah justru mereka mendukung Jali menikahi La Matta. Pada mulanya Jali tidak mendengar rumor itu sampai akhirnya terdengar di telingga Jali. Kakak La Matta, Ilyas mendatangi Jali dan menanyakan rumor yang berkembang, orang tua La Matta dan Ilyas pun mendukung mereka untuk menikah saja, Jali Ingin mengundurkan diri dari perusahaan dan La Matta bisa bekerja lagi dan menemukan jodohnya kelak. Ilyas tau kerisauan Jali karena Jali sudah beristri dan istri Jali juga sahabat ilyas, Jali tidak tidak ingin menghianati Tati istrinya, tapi perusahaan, La Matta, Ilyas dan Dompu membutuhkan Jali.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: