Abstrak

Bambang Prakoso, 2013. NPM 11540003. Studi Deskriptif Tentang Pergeseran Nilai-Nilai Pesantren Terhadap Perilaku Penemuan Informasi Non-Keagamaan Di Kalangan Santri Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya. Jurusan Ilmu Perpustakaan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Iniversitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing : (I) Drs. Bakhtiar, S.Sos. dan Pembimbing : (II) Fahriyah, S.Sos.MA.

 

Kata kunci: perilaku penemuan informasi, kebutuhan informasi santri,    nilai-nilai pesantren

 

Semua orang membutuhkan informasi dari berbagai macam bidang dalam kehidupannya, tidak terkecuali juga santri yang memerlukan informasi non-keagamaan di lingkungan pesantren tempat tinggalnya.Kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan informasi terkait kesehatan, informasi terkait kesenangan, informasi terkait tugas sekolah dan informasi terkait pengembangan diri.Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan perilaku penemuan informasi non-keagamaan yang dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Al Fithrah sekaligus mengaitkan peran nilai-nilai pesantren tersebut terhadap perilaku penemuan yang mereka lakukan.

Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif. Responden berjumlah 46 santri yang menempuh jenjang pendidikan Sekolah Madrasah Aliayah atau setara (SMA). Sampel diambil mulai kelas X, XI dan XII dengan teknik acak sistematik (systematic random sampling) dan instrument menggunakan kuesioner dan probing.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perilaku yang mereka bangun cukup kompleks, mereka telah memanfaatkan sumber informasi digital berupa internet di lingkungan pesantren di samping sumber informasi manual seperti buku. Hambatan yang mereka temui lebih banyak pada pemahaman bahasa dan keterbatasan waktu. Nilai-nilai pesantren seperti ketatnya kedisiplinan dan patriarki, ternyata memberikan dampak pada perilaku penemuan informasi yang mereka lakukan, namun nilai kepatuhan dan nilai absolut pesantren tidak begitu memberikan peran yang signifikan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: